Akreditasi Satuan Pendidikan IASP

Akreditasi Satuan Pendidikan IASP

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/aditiotantra-950518/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2808384">Aditio Tantra Danang Wisnu Wardhana</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2808384">Pixabay</a>


Mengenal Lebih Dalam Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 


Deskripsi : Akreditasi Sekolah merupakan satuan kelayakan terhadap Lembaga Pendidikan. Para orang tua wajib mengenal IASP atau Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan.  

 

 

Setiap 5 tahun sekali ada sebuah kegiatan yang sangat menyibukan para guru, tenaga administasi sekolah dan juga kepala sekolah yang bernama Akreditasi Sekolah. Panitia akreditasi sekolah akan mempersiapkan semua proses tersebut dari jauh-jauh hari agar proses akreditasi berjalan dengan lancer. Namun, para orang tua juga wajib mengenal IASP atau Instrumen Akreditasi Sekolah Madrasah sebelum memilih sekolah mana yang ingin dipilih. Proses akreditasi sekolah juga terbilang Panjang dan banyak menyita waktu.  

Adanya akreditasi sekolah setiap 5 tahun sekali tersebut sering membuat guru terpaksa bekerja lembur untuk menyelesaikan seluruh komponen akreditasi yang wajib dipenuhi. Akreditasi sekolah sendiri merupakan sebuah program penilaian tentang kelayakan suatu Lembaga Pendidikan. Hasil akreditasi sekolah akan diwujudkan dalam bentuk sebuah pengakuan dan peringkat kelayakan yang diberikan oleh suatu Lembaga yang mandiri atau professional. Agar lebih jelas lagi, anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.  

 

Mengenal IASP Lebih Dalam  

Pelaksanaan akreditasi pada tahun 2021 terbilang berbeda jika dibandingkan dengan akreditasi pada tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut dikarenakan adanya pergeseran paradigma penilian akreditasi dari setiap penilaian administrasi menuju sebuah penilaian kinerja. Instrumen Akreditasi baru yang disebut juga dengan IASP 2021 lebih menitikberatkan pada sebuah mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru dan juga manajemen dari sekolah atau madrasah tersebut.  

Ada 2 lembaga yang akan menangani tentang akreditasi sekolah berdasarkan tingkatannya. Pertama Badan Akreditasi Nasional Sekolah atau Madrasah yang disebut juga BAN-S/M. Dimana BAN-S/M sendiri merupakan badan evaluasi mandiri yang menetapkan sebuah kelayakan pada satuan Pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai Pendidikan menengah melalui jalur formal yang mengarah pada standar nasional Pendidikan.  

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/jarmoluk-143740/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=488690">Michal Jarmoluk</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=488690">Pixabay</a>


Sedangkan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal yang biasa disebut juga dengan BAN PAUD dan PNF. BAN PAUD dan BNF sendiri merupakan sebuah badan evaluasi mandiri yang akan menetapkan kelayakan terhadap satuan Pendidikan anak usia dini dan juga Pendidikan nonformal yang lebih mengacu pada standar nasional Pendidikan.  

Kelayakan dari program atau satuan Pendidikan lebih mengacu pada SNP. Apa itu SNP? SNP adalah sebuah kriteria minimal tentang sebuah system Pendidikan yang berada di seluruh wilayah hokum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh sebab itu, adanya SNP ini wajib dijadikan sebagai acuan dalam memetakan secara utuh profil kualitas dari suatu sekolah atau madrasah.  

Kegiatan akreditasi sekolah ini diharapkan bisa menjadi dorongan dan bisa menciptakan suatu kondisi yang kondusif bagi para perkembangan Pendidikan. Selain itu, adanya akreditasi ini juga diharapkan bisa memberikan arahan untuk melakukan penjaminan mutu bagi sekolah atau 

madrasah yang berkelanjutan, sehingga pihak sekolah atau madrasah juga akan selalu berusaha mencapai mutu yang diharapkan tersebut.  

Ada beberapa mekanisme yang harus dilakukan dalam proses akreditasi sekolah. Dimana mekanisme tersebut sangatlah penting untuk dilaksanakan, berikut ini mekanismenya.  • Sosialsiasi dan Pengisian Data • Penetapan Sasaran Visitasi  • Visitasi • Validasi • Verifikasi • Penetapan dan Rekomendasi  • Pengumuman Hasil Akreditasi  • Penerbitan Sertifikat Akreditasi  

Itulah tadi seputar penjelasan mengenai IASP atau Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan tahun 2021. Bagi para orang tua rasanya sangat wajib mengenal IASP demi mendapatkan sekolah atau madrasah terbaik untuk anak-anaknya. Karena, tanpa mengenal dan memahami apa itu akreditasi atau IASP maka bisa saja anda tidak mendapatkan sekolah atau Madrasah yang sesuai dengan anak anda. Tentu saja semua orang tua pasti ingin anaknya bersekolah di sekolah terbaik dan berakreditasi tinggi.