Pemerintah resmi blokir Ponsel BlackMarket (BM)

Pemerintah resmi blokir Ponsel BlackMarket (BM)

 


Perangkat blackmarket atau sering disebut barang BM adalah barang yang nomor international mobile equipment identity (IMEInya tidak terdaftar dalam bea cukai indonesia.

Kebanyakan ponsel ini dibeli di luar negeri dan masuk ke indonesia tanpa di daftarkan nomor imeinya. Sehingga penjual tidak mengeluarkan pajak cukai barang masuk ke dalam negeri.


Pertanggal 15 september bulan lalu pemerintah resmi memberlakukan kebijakan pendaftaran nomor imei tersebut, guna mencegah beredarnya barang ilegal seperti handphone, komputer ,camera dan lain sebagainya.

Seluruh perangkat yang tidak didaftarkan akan secara otomatis diblokir dan tidak akan mendapat layanan jaringan perangkat , atau tidak bisa lagi digunakan karena tidak mendapatkan signal.



Untuk mengetahui imei anda terdaftar atau tidak silahkan bisa melakukan chek di http://imei.kemenperin.go.id/

Maka dari itu dengan berlakunya peraturan tersebut bagi anda yang membawa ataupun membeli ponsel dari luar negeri wajib mendaftarkanya ke Direktorat Jendral Bea dan Cukai kementrian keuangan indonesia.

Selain itu untuk turis asing yang hanya sekedar berkunjung sementara dan tidak tetap menggunakan kartu seluler asal negaranya ,tidak perlu mendaftarkan ke bea dan cukai indonesia.

Nah untuk mendaftarkan nomor imei bisa melalui website resmi bea dan cukai www.beacukai.go.id/register-imei ataupun melalui aplikasi tersedia di playstore.

Untuk informasi cara pendaftaran dan cara menghitung pajak akan kami ulas pada postingan selanjutnya . Semoga bermanfaat