BELI PONSEL DARI LUAR NEGERI ? DAFTAR IMEI DAN PAJAK BEA CUKAI SMARTPHONE

BELI PONSEL DARI LUAR NEGERI ? DAFTAR IMEI DAN PAJAK BEA CUKAI SMARTPHONE

 

Cara daftar imei ponsel dari luar negeri

Seperti yang telah kita bahas pada postingan sebeumnya , ponse yang tidak mendaftarkan imeinya tidak akan mendapatkan jaringan lokal an tidak bisa digunakan berkomunikasi jika dipasang kartu indonesia.

Meskipun tidak memdapat jaringan bukan berarti ponsel tidak bisa digunakan , fitur fitur ponsel masih bisa digunakan akan tetapi hanya tidak bisa mendapatkan signal jaringan lokal karena tidak terdaftar di indonesia.

Lantas bagaimana agar ponsel kita bisa menjangkau jaringan lokal meskipun kita membeli smartphone dari luar negeri . Yakni harus memenuhi pembayaran pajak bea dan cukai di kementrian keuangan indonesia terlebih dahulu.



Untuk itu kita bahas cara mendaftarkan imei ponsel dari luar negeri berikut.

1. daftar di mobile bea cukai

Pertama siapkan data anda seperti KTP atau PASPORT ,NPWP dan nomor penerbangan. Setelah itu isi formulir pendaftaran secara online pada situs maupun aplikasi mobile beacukai. 

Disana anda diwajibkan menjelaskan deskripsi ponsel anda ,nomor imei anda dan harga ponsel anda. Selain itu setiap orang dibatasi hanya boleh membawa 2 unit perangkat saja.

2. Melapor di bandara kedatangan ke kantor bea dan cukai 

Jika anda dari luar negeri ,setelah anda turun dari pesawat segera daftarkan ponsel anda ke kantor bea dan cukai . Petugas nantinya akan menggunakan QR CODE untuk mengecek data yang tadi sudah anda daftarkan . Setelah itu petugas akan mencocokan data tersebut untuk didaftarkan imei ke kementrian industri.

3. Pembayaran pajak bea dan cukai

Petugas bea dan cukai akan mengecek pajak PPN dan PPH yang harus dikeluarkan sesuai dengan harga produk.

Semisal smartphone yang di daftarkan nominal dibawah $500USD atau Rp.8000.000,00 maka pemilik ponsel tersebut tidak dikenakan pembayaran pajak . 

Namun , sesuai undang-undang yang berlaku jika harga smartphone tersebut lebih dari itu akan dikenakan pajak.
Dan selain dari pada itu untuk anda yang membawa ponsel untuk diperjual belikan dengan jumlah barang lebih dari 2 unit maka hitungan pajak pun berbeda.


Untuk itu bagi kalian yang membeli ponsel dari luar negeri untuk keperluan pribadi ataupun diperjual belikan nantinya akan di dikenakan pajak berbeda.

Semoga sedikit ulasan tentang pajak dan pendaftaran imei diatas bermanfaat untuk anda semua . Terimakasih